Tips Sehat Menghindari Diare pada Bayi

bayi terhindar penyakit

bayi jarang sakit

Diare merupakan sakit yang diderita seseorang yang ditandai dengan encernya tinja yang dikeluarkan dengan frekuensi buang air besar (BAB) yang lebih sering dibandingkan dengan biasanya. Diare terjadi akibat konsumsi makanan atau minuman yang terkontaminasi bakteri, virus, atau parasit. Makanan yang kurang higienis (tidak bersih dalam memasaknya) dapat menjadi salah satu penyebab munculnya sakit diare. Sakit diare dapat menyerang siapa saja dan dalam lapisan umur berpa pun. Terkadang anak kecil yng masih bayi pun tak luput dari sakit yang satu ini jika orang tuanya tidak memperhatikan asupan makanan dan kebersihan lingkungan dari anaknya.

Berikut ini adalah penyebab diare pada bayi versi ‘mamapapa.id’ :

  1. Faktor lingkungan, dalam hal ini adalah ibu karena ibu merupakan sosok ang paling dekat dengan bayinya. Bayi dapat terkena diare jika ibu tidak bersih dalam mencuci alat makan dan minum bayi (masih banyak kuman dan tidak menggunakan anti septik ketika mencuci), ibu yang tidak bersih dan higienis (dalam hal ini setelah melakukan suatu kegiatan apa pun harus mencuci tangan dengan sabun yang bersih, agar bayi terhindar dari bakteri yang disebabkan oleh ibunya), dan masih banyak lagi beberapa hal yang harus diperhatikan oleh seorang ibu agar anaknya tidak mendapatkan pengaruh jelek apa yang ibunya sudah lakukan (dalam hal ini adalah tentang kebersihan dari ibu itu sendri).
  2. Infeksi, dalam hal ini adalah kuman penyakit seperti, virus, bakteri, parasit yag dapat menyebar melalui makann dan miniman yang sudah tercemar.
  3. Penurunan daya tahan tubuh, salah satu penyebab daya tahan tubuh bayi menururn atau lemah adalah pemberian asi yang dilakukan oleh ibu kurang dari dua tahun. Pemberian asi selama 2 tahun dirasa sudah sangat pas karena bagaimanapun asi adalah makanan yang paling baik untuk bayi karena kandungan nutrisi yang luar biasa yang terdapat dalam asi.
  4. Keracunan Makanan, untuk ibu yang suka jajan di luar, perhatikan kebersihan dari tempat yang menjual, masakan dirumah akan lebih sehat dan higienis sehingga resiko bayi terkena diare akan semakin kecil.