Proses Tahapan Dalam Instalasi Pengolahan Limbah

Pengolahan limbah adalah sebuah proses mengolah air buangan hasil industri maupun rumah tangga yang tidak terpakai untuk mengembalikannya ke siklus air sehingga dapat digunakan kembali menjadi air yang bersih dan layak untk digunakan. Dalam pengolahan limbah ada beberapa metode yang digunakan. limbah sendiri terdiri dari limbah padat, limbah cair, dan limbah rumah tangga. dalam proses tahapan instalasi pengolahan limbah perlu memperhatikan beberapa hal seperti reuse dan disposal.

Proses Tahapan Dalam Instalasi Pengolahan Limbah

Jika limbah yang tak terpakai akan dibuang maka butuh beberapa aturan sebelum proses pembuangan dilakukan agar nantinya tidak mencemari lingkungan sekitar.

Proses Sederhana Instalasi Pengolahan Limbah

Dalam proses instalasi pengolahan limbah terdapat 3 jenis tahapan yang biasa dilakukan meliputi:

 

  1. Tahapan Pemisahan

Dalam proses ini dilakukan pemisahan antara limbah padat dan limbah cair, limbah padat yang dihasilkan akan dioleh melalui proses oksidasi untuk kemudian memisahkan kembali padatan minyak dengan melalui proses penyabunan, kemudian padatan lumpur diolah dengan proses dewatering. sedangkan limbah cair akan melalui proses filtrasi yang mana telah disesuaikan dengan kualitas air limbah itu sendiri. dalam tahapan pemisahan terbagi lagi menjadi 2 metode yakni metode filtrasi dan metode sedimentasi.

 

  1. Tahapan Oksidasi

Dalam proses oksidasi, nilai COD dan BOD dalam limbah mampu direduksi. dalam proses ini pengukuran BOD dan COD tentu sangat penting agar dapat dilihat kerakteristik limbah yang nantinya akan diolah. nilai BOD dapat mengindikasikan berapa banyak senyawa organik yang terdapat dalam limbah yang dijadikan sebagai sumber makanan untuk bakteri. Semakin tinggi BOD dalam limbah maka makin rendah pula oksigen yang terlarut dalam limbah.

Sedangkan COD mampu melihat jumlah polutan organik yang ada dalam air limbah sehingga secara tidak langsung COD memiliki peran yang cukup penting dalam menentukan kulitas air.

 

  1. Tahapan Polishing

Dalam sebuah limbah memerlukan pengaturan PH, proses polishing biasanya dilakukan dengan melihat hasil kualitas limbah setelah diolah sebelum di pakai kembali. dalam proses ini sering juga menggunakan karbon filter yang dapat menghilangkan pengotor yang masih terkandung dalam limbah dengan menggunakan adsorpsi dengan karbon aktif.

Sumber artikel IpalBioRich.com.