Penyebab bayi sakit mata dan cara mengatasinya

bayi sehat

Bayi dilahirkan kedunia ini tidak dengan kemampuan menjaga diri dari bahaya disekitarnya. Kemampuan tersebut baru akan berkembang seiring dengan bertambahnya usia si kecil. Sakit mata menjadi salah satu masalah yang menghampiri bayi. Sebagai salah satu organ tubuh yang paling penting, mata harus sehat. Nah, Ayah dan Bunda harus bisa menangani permasalahan ini dengan mencari tahu soal bayi sakit mata, termasuk cara mencegahnya.

Penyebab Bayi Sakit Mata

Ada beberapa hal yang menyebabkan bayi mengalami sakit mata. Beberapa hal berikut ini adalah penyebab utamanya menurut situs mamapapa.id:

  • Masuknya virus atau bakteri penyebab sakit mata. Virus dan bakteri ini datang dari jemari si kecil sendiri yang kotor lalu menyentuh matanya sendiri. Bisa jadi ia baru saja bermain diluar rumah dan tangannya belum dicuci.
  • Masuknya debu juga menjadi salah satu penyebab utama sakit mata pada bayi.
  • Sekarang ini banyak anak kecil yang sudah diajarkan menonton video pada HP, paparan radiasi yang berlebihan akan memicu iritasi pada mata
  • Kekurangan vitamin A juga bisa menjadi penyebab bayi sakit mata

Cara Mengatasi Bayi Sakit Mata

Jangan panic ketika bayi Anda mengalami sakit atau iritasi pada mata, karena ada beberapa cara untuk mengatasinya. Beberapa cara dibawah ini akan membantu Anda mengatasi permasalahannya. Mari simak bersama-sama.

  • Perhatikan kebersihan pada mata si kecil, ketika ada belek, bulu mata atau ekspose terhadap debu, Anda sebagai orang tua harus waspada dan segera membersihkan daerah matanya
  • Beri perhatian lebih untuk mencegah penyumbatan saluran ait mata bayi
  • Jangan bawa bayi ke tempat yang mengeksposnya terhadap debu secara langsung.
  • Menajamkan kepekaan orang tua bisa menjadi salah satu cara pencegahan maupun pengobatan yang paling ampuh, karena orang tua merupakan pihak pertama yang selalu bersama bayi.

Demikianlah penyebab sakit mata dan cara-cara mengatasinya yang benar. Dengan memperhatikan aspek-aspek tersebut diatas, Ayah dan Bunda dapat membantu si kecil menjaga kesehatan matanya dari bakteri, virus, debu dan kotoran yang menjadi penyebab utama bayi sakit mata.