Pelatihan Sertifikasi Instalasi Pengolahan Air Limbah

Sertifikasi merupakan salah satu aspek penting dalam IPAL yang wajib diikuti oleh para operator instalasi pengolahan air limbah guna membuktikan kualifikasi sebagai tenaga penyedia IPAL yang sesuai dengan standar kesehatan nasional dan internasional. Sertifikat tersebut untuk di Indonesia salah satunya dikeluarkan oleh Pusat Litbang Perumahan dan Pemukiman yang bertanggung jawab atas standarisasi pekerjaan umum dan perumahan rakyat. Dengan memperoleh sertifikasi tersebut, maka operator pun dapat melakukan pemasangan IPAL secara legal untuk kawasan rumah tinggal penduduk.

 

Pelatihan Sertifikasi Instalasi Pengolahan Air Limbah

Guna kelancaran dalam proses sertifikasi tersebut, sebaiknya pihak operator instalasi pengolahan air limbah mengikuti training atau pelatihan dengan pihak konsultan yang diberikan kepada seluruh lapisan karyawan di perusahaan penyedia jasa. Pelatihan tersebut juga dapat menjadi bekal di masa depan ketika sertifikat telah berhasil didapatkan, yang mana setiap lini dalam perusahaan akan sama-sama menjalankan dan mempertahankan standar yang telah ditetapkan. Sehingga, baik proses sebelum maupun sesudah sertifikasi, performa perusahaan tidak akan menurun, namun justru semakin meningkat.

Tujuan Pelatihan Sertifikasi IPAL

  1. Meningkatkan pengetahuan setiap karyawan terhadap persyaratan legalitas operasional serta teknis IPAL sesuai dengan standar yang ditetapkan.
  2. Memunculkan keinginan tiap individu karyawan untuk lebih bertanggung jawab dan berperan aktif dalam pemeliharaan lingkungan melalui penyediaan jasa pengolahan limbah.
  3. Memancing kreatifitas karyawan terhadap isu-isu berkaitan dengan IPAL yang kemudian dapat dijadikan referensi untuk perbaikan kinerja maupun kualitas produksi peralatan pengolahan limbah perusahaan.
  4. Melatih pegawai untuk turut serta dalam pemecahan masalah pengolahan limbah lingkungan.
  5. Mencetak sumber daya manusia yang lebih kompeten dan mumpuni dalam industri IPAL yang dapat pula mendongkrak kinerja serta kualitas perusahaan.

Mengingat pentingnya sertifikasi untuk operator instalasi pengolahan air limbah hendaknya perusahaan bekerja sama dengan konsultan yang memiliki kredibilitas bagus dalam proses sertifikasi IPAL di mana mereka memiliki program-program pelatihan yang jelas dan terarah. Serta, konsultan harus cukup berani untuk memberikan garansi pelatihan yang diberikan. Sebab, peran konsultan sendiri sangat krusial dalam menentukan hasil akhir dari proses sertifikasi yang diikuti oleh operator IPAL.