Memulai Hidup Harmonis dengan Semua Masalah yang Ada

Hidup berpasangan tentu bukan berarti awal untuk bahagia, karena pada dasarnya mau jomblo maupun sudah menikah. Semua cobaan hidup selalu ada. Jangan percaya film sinetron, yang ujung-ujungnya nikah terus bahagia. Omong kosong.

Menikah bagi sebagian orang justeru awal untuk mengarungi samudera yang lebih dalam lagi, kalo jomblo kita sering diejek belum laku. Maka di pernikahan ujian lebih berat lagi dari itu. Itulah mengapa para pejuang cinta di sinetron, artis artis itu hidupnya sering banget cerai, karena hidup tidak seindah dan semanis jalan pikiran sutradara.

Maka oleh karena itu mesti disadari dari awal, pernihakan adalah awal perjuangan. Bukan akhir, menikahi anak orang adalah pilihan tanggung jawab serius yang merupakan pilihan yang dipikul di pundakmu. Salah sedikit, maka kedua belah pihak sama memikul efeknya.

Tentu hal ini berbeda ketika sendirian, semua pilihan ditentukan sendiri. Semua masalah ya masalah kita sendiri. Setelah menikah, masalah harus dipecahkan berdua. Bagaikan tim, harus sering berokoordinasi. Saling menghargai dan tetap dalam koridor perintah ilahi.

menahan emosi

Lalu bagaimana car hidup harmonis?

Mengalah adalah solusi utamanya, menghindari ego adalah hal pertama yang wajib dilakukan. Zaman masih sendirian, apapun keinginanmu bisa kamu lakukan tanpa harus mempedulikan orang lain. Maksudnya untuk hal-hal sepele, seperti mau pipis, penampilan, pilihan pakain, cara menaruh barang dan beragam hal sepele lainnya.

Setelah menikah, semua perilaku akan ada yang mengomentari, semua hal sepele akan ada yang turut campur, semua masalah pribadi ada orang yang siap memberikan masukan, kritik ataupun perintah kecil. Masalah akan muncul jika kamu mempermainkan ego, emosi dan ngotot.

Cara paling mudah adalah meredam, memulai minta maaf, menganggap remeh semua masalah, dan mengawali untuk berbicara, mengalah lah intinya. Mau ngapain emang? Mau bener sendiri? Emang kamu nabi? Mau pengen menang? Emang kamu superman jagoan? Hidup dengan orang harus tanggungjawab men, pikirkan masa depan.

Makanya setiap muncul masalah, langsung ancang ancang cari solusi, langsung ambil langkah cepat redam emosi, aku mau ngalah. Maka selesai masalah.