Ini Alasan Kenapa Saya Memilih Android dibanding OS lainnya

Android di-rilis pertama kalinya pada Tahun 2007 di mana pada awal kemunculannya sangat menggetarkan banyak platform OS dan vendor smartphone lainnya. Yang bisa kita lihat saat ini vendor-vendor tersebut saat ini seperti Blackberry dan Nokia sudah tumbang dan kepemilikannya saat ini dimiliki oleh perusahaan lain.

Pada saat ini, tidak hanya smartphone, juga ada sebagian televisi pintar atau smart tv yang menambahkan Android ke dalamnya sebagai sebuah sistem operasi bagi televisi tersebut. Keumuman dan Kompabilitas antar sistem dan perangkat merupakan salah satu alasan kuat kenapa saya memilih untuk tetap menggunakan Android sebagai sebuah sistem operasi utama yang saya gunakan sehari-hari.

Saat ini pula, sudah banyak vendor yang mengaplikasikan Android ke dalam hardware yang mereka buat dan ini dijalankan melalui berbagai riset yang telah mereka lakukan.

Android Sebagai Sebuah Open Source

Android merupakan sebuah sistem operasi denga kode terbuka, di mana maksudnya bahwa sumber kode tersebut di-izinkan untuk dimodifikasi secara bebas dan luas serta di-distribusikan oleh para pengembangnya. Inilah yang membuat Android dapat dengan mudah dikenal dan digunakan secara luas oleh berbagai vendor. Berbeda dengan kompetitor seperti hal-nya iOS yang memiliki sumber kode tertutup dan hanya dimiliki oleh perusahaan pemiliknya saja.

Android dapat Diaplikasikan ke dalam Berbagai Perangkat

Ada banyaknya pilihan dan opsi konfigurasi, memungkinkan Android di aplikasikan tidak hanya untuk smartphone, tetapi juga untuk perangkat elektronik dan komunikasi lainnya. Bahkan bisa diaplikasikan juga ke dalam desktop PC baik melalui emulator ataupun aplikator lainnya.

Telepon pintar yang dikembangkan menggunakan Android mengalami kemajuan yang cukup cepat baik dari segi hardware maupun pertumbuhan aplikasi pendukung. Teknologi hardware terbaru memungkinkan penggunaan Android di kondisi hardware dengan spesifikasi yang tinggi dan multi-tasking.

Beragam Aplikasi Pendukung

Hanya operating system saja tanpa aplikasi pendukung tak akan berarti apa-apa. Android kini didukung adanya jutaan aplikasi yang bisa dijalankan dengan ekosistem yang makin beragam.

Selain aplikasi yang ada di Play Store, ada banyak file-file apk yang bisa di-download yang biasanya merupakan hasil kustomisasi dari apk yang sudah ada sebelumnya.

Nah itulah beberapa alasan saya mengapa masih memilih Android sebagai opsi utama dibanding OS yang lain. Ada banyak lagi alasan akan saya bahas di lain waktu.