Definisi Kecantikan Masa Kini dan Akan Datang

Definisi ini penting, karena akan menentukan arah dan cara seperti apa yang akan kita lakukan untuk menuju sebuah kondisi ‘cantik’ yang diharapkan.

Kecantikan dan ketampanan bukanlah merupakan sebuah ilmu pasti yang ada definis khususnya. Setiap dari kita tentunya memiliki pemahaman tersendir mengenai hal ini. Pemahaman cantik di Amerika dan Indonesia tentunya berbeda, itu baru dari perbedaan geografis, ada lagi perbedaan ilmu pengetahuan dan norma-norma yang melebarkan pemahaman yang dimiliki orang setiap bagian manusia di muka bumi ini.

Kecantikan ada yang menilai dari paras semata, ada juga merupakan perwujudan dari keseluruhan sikap yang bermuara pada hati seseorang. Walau kebanyakan dari kita memang menilai kecantikan hanya sebatas penampilan fisik saja.

Ketampanan bila dari fisik, umumnya dinilai melalui adanya postur tubuh yang tinggi, bentuk tubuh yang ideal, dan adanya otot yang menunjukkan unsur kelaki-lakian. Sementara itu, bagi wanita atau perumpuan dinilai dari mata yang indah, bentuk dan ukuran pinggang yang ramping, bentuk buah dada yang besar, dan bibir yang tipis. Ya, setidaknya itulah yang digambarkan oleh media televisi dan media periklanan lainnya.

Ada sebentuk survey di Inggris untuk menentukan definisi universal dari kecantikan dan ketampanan ini. Surbey ini melibatkan lebih dari 100 profil wajah yang berbeda dan disajikan ke dalam sekian responden untuk menilai wajah mana yang paling menarik. Bagaimana hasilnya?

Dari hasil penelitian ini diketahui, bahwa perbedaan geografis menghasilkan pemahaman yang berbeda mengenai kecantikan.

Model klasifikasi dan spesifikasi kecantikan agak rumit untuk dijelaskan ke dalam sebuah ilmu pasti. Hal ini karena manusia memang diciptakan di dalam sebentuk individu yang subyektif secara alamiah. Jika survey dilakukan pada laki-laki misalnya, maka ia akan memilih wanita yang dengan tinggi yang lebih pendek dari dirinya, bibir yang tipis, wajah yang proporsional, dan ukuran buah dada yang besar.

Pada saat ini, definisi kecantikan dan ketampanan tak hanya tampak fisik, tapi ia perlu merupakan sebuah pribadi dan cara berfikir seseorang, juga cara berinteraksi dia dengan individu lainnya.