Manfaat Buah Naga Bagi Tubuh Manusia

Khasiat buah naga sangat baik sekali untuk tubuh kita, entah untuk kesehatan badan, untuk kecantikan juga sangat baik, dan manfaat buah naga juga sudah sangat dikenal oleh masyarakat luas.

Buah naga dalam bahasa Inggris dikenal dengan sebutan pitaya, merupakan buah dari jenis kaktus dari keluarga Hylocereus dan Selenicereus, mengapa demikian karena bentuk buah naga hampir menyerupai pohon kaktus pada umumnya.

Manfaat Buah Naga Bagi Tubuh Manusia

Manfaat Buah Naga Bagi Tubuh Manusia

Buah naga pertama ditemukan berada di benua Amerika, dan sangking enaknya buah ini, maka sampailah ke benua Asia dan Indonesia.

Buah naga sangat disukai oleh kalangan masyarakat, entah itu lapisan masyarakat sedang hingga masyarakat level yang mampu.

Ini dibuktikan bahwa dipasar-pasar tradisional dan supermarket, banyak sekali kita temui buah naga, dan jenisnya juga sangat beragam, ada buah naga merah, buah naga putih, sampai buah naga kuning.

Dari masing-masing manfaat buah naga dari berbagai jenis tadi, kesemua manfaatnya hampir sama lho, hanya warna dan harganya saja yang berbeda.

Buah naga mengandung zat yang sangat bermanfaat buat tubuh manusia, kalau Anda sedang binggung apa saja sih kandungan dari manfaat buah naga, simak baik-baik ya artikel ini berikut ini, selamat membaca.

Kandungan dan khasiat buah naga

  • Buah naga dapat menyembuhkan kanker

Penyakit kanker adalah penyakit yang sangat berbahaya, index kematian dari penyakit ini juga sangat banyak, oleh sebab itu dengan mengkonsumsi buah naga secara rutin, maka tubuh akan terhindar dari penyakit kanker ini, karena adanya kandungan vitamin kompleks yang ada dalam buah naga.

  • Buah naga cocok untuk kecantikan

Kandungan vitamin C dalam buah naga tidak hanya untuk menguatkan sistem kekebalan tubuh saja lho, tetapi dengan membuatnya sebagai masker, maka kulit pun akan mulus dan sehat tentunya.

  • Buah naga dapat menjaga kesehatan dan stamina

Manfaat buah naga adalah bahwa buah ini  mengandung zat antioksidan, dan zat tersebutlah yang berperan dalam menangkal setiap radikal bebas yang ada dalam tubuh kita, sehingga efeknya adalah tubuh menjadi lebih sehat dan stamina menjadi prima tentunya.

Baiklah demikian beberapa ulasan sederhana mengenai manfaat buah naga, so jangan lewatkan mengkonsumsi buah naga ini ya, karena manfaatnya sangat luar biasa, sampai ketemu lagi diartikel lainnya ya, terimakasih

Makanan Buka Puasa yang Sehat

Mencari makanan saat menjelang buka puasa perlu dirinci lebih jelas lagi, karena jika kita asal beli saja ketika ngabuburit untuk mengkonsumi makanan untuk disantap buka nanti, bisa bisa menunya asal enak dipandang mata saja, tanpa memperhatikan sisi kesehatan dari kandungan menu makanan tadi.

Contohnya saja, gorengan, makanan ini enak sekali dihidangkan dan gurih banget rasanya. Apalagi jika dibarengin dengan cabe rawit dan teh manis. Weee, rasanya nikmat sekali. Tetapi jangan salah sangka, gorengan termasuk makanan yang tidak boleh dikonsumsi terlalu banyak ketika puasa, kadar minyaknya tidak baik bagi kesehatan.

Contohnya lagi minuman manis, kayak sirup misalnya. Terkadang sampai menggunakan dalil pilihlah yang manis ketika berbuka. Padahal hadistnya dalam sabda Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wassalam gak demikian lo. Tapi Berbukalah dengan buah kurma dan air putih. Yuk kita baca artikel ini tentang Makanan Buka Puasa yang Sehat. Selamat membaca.

Menu Makanan Buka Puasa yang Sehat

Jadi karena kurma itu manis, maka orang berpikiran berarti harus minum manis, disinilah salah kaprahnya. Apalagi banyak banget iklan yang seolah olah mendukung pernyataa ini. Dalam terminologi kesehatan, minuman manis hanya diperlukan saat batal pertama kali saja, dan tentu minuman ya, karena kita habis dehidrasi seharian.

Makanan Buka Puasa yang Sehat

Setelah itu, ya bukan berarti minum manis setiap minum ya. Tetap air putih yang terbagus, minum 8 gelas sehari itu kalo bisa air putih semua. Triknya 5 gelas ketika malam sebelum tidur, 3 gelas pas sahur. Minuman manis, cukup 1 gelas saja pas batal buka, udah.

Setelah itu anda tetap butuh makan buah buahan, karena hal ini bagus untuk pencernaan sirkulasi tubuh, metabolisme darah dan lancarnya sistem pengeluaran tubuh. Begitu juga dengan sayuran ya. Setelah itu memilih protein rendah lemak bagus banget agar tubuh kuat menahan lapar di siang hari esok harinya.

Berbagai Pilihan Resep Makanan Buka Puasa yang Sehat

  1. buah kurma
  2. air putih
  3. sayur mayur
  4. protein rendah lemak
  5. buah buahan

Demikan artikel kami tentang Makanan Buka Puasa yang Sehat, semoga tulisan ini bermanfaat bagi pembaca, amin.

Ciri-Ciri Anak Yang Kurang Gizi

Meskipun kita sudah berusaha untuk memberikan makanan terbaik bagi anak, dalam realitanya ada kemungkinan anak mengalami masalah kurang gizi. Pola makan yang tidak seimbang karena kebiasaan anak diberi makanan yang itu-itu saja atau cenderung hanya menyukai makanan tertentu ternyata bisa membuat mereka mengalami kurang gizi. Jika hal ini terjadi, maka anak pun akan beresiko terkena berbagai penyakit. Berikut adalah beberapa tanda anak yang mengalami kurang gizi.

Ciri-Ciri Anak Yang Kurang Gizi

  • Mengalami masalah kulit kering dan rambut kering

Karena kekurangan asupan vitamin A, D, E, dan vitamin K, maka rambut dan kulit anak pun cenderung kering.

  • Mengalami masalah gigi berlubang

Tidak mendapatkan asupan kalsium, vitamin D, atau vitamin larut lemak yang terdapat pada makanan bergizi bisa membuat kesehatan tulang dan gigi anak terganggu. Hal ini ternyata juga bisa berimbas pada meningkatnya resiko terkena masalah gigi berlubang. Memang, gigi anak bisa digantikan dengan gigi lain yang akan tumbuh kembali. Hanya saja, masalah gigi berlubang ini bisa menyebabkan rasa sakit dan bahkan mempengaruhi stuktur penyangga gigi.

  • Anak cenderung hiperaktif

Tahukah anda jika salah satu penyebab anak menjadi hiperaktif adalah karena sistem pencernaan dalam tubuhnya kurang baik? Bisa jadi masalah pada saluran pencernaan ini ternyata dipicu oleh masalah kurang gizi. Tak hanya itu, kebiasaan memberikan anak makanan siap saji ternyata juga bisa menyebabkan masalah ini.

  • Terlambat berbicara

Anak yang mengalami masalah kurang gizi ternyata bisa membuatnya terlambat untuk mulai berbicara. Menurut pakar kesehatan, hal ini disebabkan oleh kurangnya asupan vitamin B12 yang ada dalam makanan seperti daging ayam, daging ikan, daging sapi, dan berbagai produk susu dan telur.

Demi mencegah anak mengalami masalah kurang gizi, ada baiknya kita selalu memberikan asupan makanan yang bergizi seimbang bagi mereka setiap hari. Ajari anak untuk mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan sejak kecil agar menyukainya sehingga tetap mendapatkan asupan bergizi yang penting bagi perkembangan dan kesehatannya.

Bagaimana Kebiasaan Buruk Anda Mempengaruhi Kesehatan Anda

Bagaimana Kebiasaan Buruk Anda Mempengaruhi Kesehatan Anda

 

Itu tidak hanya mengganggu teman dan rekan kerja – mungkin juga tidak baik untuk Anda. Zat yang disebut cairan sinovial membuat sendi Anda bergerak dengan mudah. Suara yang dibuat oleh buku-buku jari Anda saat “retakan” muncul saat Anda mengeluarkan gelembung kecil di cairan itu. Jika Anda melakukannya setiap saat, Anda cenderung memiliki tangan bengkak dan pegangan yang lemah sepanjang waktu. Tampaknya tidak meningkatkan kemungkinan artritis Anda.

  • Menggigit kuku anda

Hal ini dapat merusak gigi dan juga kulit di sekitar kuku Anda, yang dapat menyebabkan infeksi. Anda juga mungkin terkena lebih banyak pilek dan penyakit lain saat Anda memasukkan jari-jari Anda, yang sering membawa kuman ke mulut Anda. Hal ini dapat membantu untuk menjaga kuku Anda rapi dipangkas atau terawat. Jika stres bisa menjadi alasan kebiasaan Anda, Anda bisa mencoba hal-hal seperti berolahraga untuk mengelolanya. Bicaralah dengan dokter Anda jika Anda ingin bantuan berhenti.

  • Cheat Yourself on Sleep

Jika Anda tidak cukup tidur, Anda tidak hanya mengubah diri menjadi zombie siang hari – Anda juga bisa lebih cenderung memiliki tekanan darah tinggi, penyakit jantung, diabetes, dan depresi. Dan mungkin akan sulit bagi Anda untuk belajar dan mengingat sesuatu. Tetapkan rutinitas tidur biasa dan tetaplah dengan itu. Dan lakukan yang terbaik untuk mendapatkan 7-8 jam semalam.

  • Blast Your Headphones

Suara diukur dalam desibel – percakapan normal sekitar 60 desibel. Sebaiknya jaga volume di headphone Anda di bawah 75 (sekitar sekeras penyedot debu) agar aman. Dan jangan dengarkan lebih dari beberapa jam sekaligus. Anda lebih mungkin kehilangan pendengaran saat Anda menua jika Anda terlalu banyak ribut. Itu terjadi pada lebih dari setengah dari kita pada usia 75 tahun. Gangguan pendengaran pada orang dewasa yang lebih tua terkait dengan masalah berpikir dan bahkan hilangnya jaringan otak.

  • Surf Sebelum Tidur

Bukan ombak – internet. “Lampu biru” yang dilepaskan oleh gadget elektronik seperti telepon, komputer, dan TV dapat mengacaukan tidur Anda. Dan beberapa penelitian menunjukkan bahwa terlalu banyak cahaya malam hari mungkin terkait dengan kanker (terutama payudara dan prostat), diabetes, obesitas, dan penyakit jantung. Tenanglah dirimu sebelum tidur. Jika Anda ingin membaca sesuatu, buka buku. Jaga agar kamar tidur Anda gelap dan sepi untuk tidur yang nyenyak.

  • Duduk untuk Periode Panjang

Kebanyakan orang Amerika menghabiskan terlalu banyak waktu di kursi. Sebagian dari masalahnya adalah tempat kerja modern, di mana Anda bisa berjongkok di komputer Anda berjam-jam. Ini memperlambat metabolisme Anda, yang berarti Anda bisa menambah berat badan. Ini juga terkait dengan masalah kesehatan lainnya, termasuk penyakit jantung. Ada perbaikan yang mudah, meskipun: Baru bangun sekarang dan kemudian dan bergerak. Bahkan 10 menit berjalan kaki setiap hari bisa membantu.

4 Jenis Bahan Makanan Yang Bikin Diet Mu Gagal

4 Jenis Bahan Makanan Yang Bikin Diet Mu Gagal

Mengurunkan badan memang membutuhkan kemauan dan niat yang besar juga kesabaran. Banyak yang maunya ingin cepat langsing tetapi jarang ada yang sabar, semua itu butuh proses. Orang diet biasanya akan menyingkirkan makanan – makanan berat semisal nasi atau apapun yang mengandung karbohidrat. Tetapi tidak sedikit yang tidak sadar untuk meyingkirkan makanan yang berpotensi menghambat sukses dietnya.

4 Jenis Bahan Makanan Yang Bikin Diet Mu Gagal

Di bawah ini ada 4 jenis bahan makanan yang bisa jadi hambatan besar ketika menjalankan diet. Apa saja itu?

1. Makanan mengandung pengemulsi
Emulsifier adalah bahan kimia yanga tidak bisa menyatukan bahan satu dengan yang lain sehingga tidak tercampur contohya air dan minyak. Jenis bahan makanan ini banyak terdapat pada olahan seperti es krim, mayones, coklat, roti, sosis. Bahan yang mengandung hal ini akan terlihat lebih menarik dan bisa tahan lama. Bila di makan maka yang terjadi adalah akan terjadinya peradangan, meningkatkan resiko obesitas dan juga penyakit kanker.

Untuk ada baiknya mengkonsumsi makanan seperti sayuran segar, telur, kacang – kacangan hingga biji – bijian. Makanan ini jauh lebih baik pastinya. Untuk mengkonsumsi dari bahan terbaik bisa dengan menggunakan produk smart detox synergy. Bahan terbaik dan pilihan pasti di gunakan. Nutrisi yang ada pun sudah sangat bisa untuk mencukupi kebutuhan sehari hari.

2. Makanan Yang Mengandung MSG
MSG di gunakan sebagai penyedab masakan. Apapun masakan yang di kasih msg ini akan burubah menjadi lebih sehat. Biasa banyak di jumpai pada makanan cepat saji, mie instan, daging olahan dan lain – lain. Orang yang mengkonsumsi msg ini bisa mengalami kelebihan berat badan, penyakit gula darah, asma, kolesterol, tekanan darah tinggi.

Untuk itu gantilah msg dengan mencari makanan yang minim bumbu dan kalau pun di berikan bumbu juga harus dengan bumbu alami seperti bawang merah dan putih.

3. Pemanis buatan
Ketika menjalankan diet orang banyak yang menggunakan penamis non kalori ketimbang menggunakan gula pada umumnya. Ternyata sebenarnya bahwa efek dari sakarin sendiri ini memberi dampak buruh pada yang mengkonsumsinya. Dampak yang nantinya akan terjadi adalah akan mengidap diabetes dan obesitas.

Manfaat Buah Mentimun untuk kecantikan

Telah kita ketahui bersama bahwa mentimun merupakan makanan yang sering kita jumpai pada hampir tiap rumah makan di Indonesia dan biasanya timun sangat identik dengan lalapan yang menjadi hidangan pelengkap pada sajian ayam,tempe,bebek,dll. Dan ternyata mentimun juga bermanfaat untuk kecantikan kulit lho.

 

Beberapa manfaat mentimun yang bisa kamu ketahui, diantaranya:

1. Mentimun mengurangi lingkaran hitam pada mata

Kandungan silika dan antioksidan pada mentimun berfungsi sebagai regenerasi sel dan menghaluskan kulit sehingga sel kulit mati dapat terangkat dan menjadikan kulit terasa lebih lembut. Kemudian secara perlahan lingkaran hitam pada mata akan memudar. Selain itu mata anda juga akan terasa lebih fresh. Cara pemakaiannya sangat mudah yaitu anda cukup memotong timun secara melintang dengan bentuk bulat lalu pejamkan mata dengan rileks dan tempelkan pada kelopak mata. Tunggu selama kurang lebih 30 menit, lalu basuh mata menggunakan kain handuk yang sudah dibasahi air hangat atau bisa juga air es.

2. Mentimun mengurangi bengkak pada kantung mata

Bagi anda yang mengalami mata bengkak, anda tidak perlu panik karena cara mengatasinya cukup mudah, yaitu dengan menempelkan irisan timun pada mata anda yang bengkak dan rasakan sensai menyegarkan yang membuat mata menjadi rileks. Mengapa hal itu dapat terjadi karena mentimun mengandung banyak asam askorbat yang berfungsi menahan air atau mengurangi retensi sehingga pembekakan pada mata dapat teratasi.

3. Mentimun kurangi bintik hitam

Banyak wanita yang mengeluh dengan masalah munculnya bintik hitam di wajah (hiperpigmentasi) yang biasanya disebabkan oleh paparan sinar ultraviolet matahari. Nah sekarang anda tidak perlu khawatir, setelah beraktifitas diluar rumah, segera pakai mentimun sebagai tonik wajah. Cara penggunanya cukup mudah yaitu parut timun dan oleskan secara merata keseluruh wajah dan tunggu selama 30 menit lalu cuci wajah menggunakan air dingin.

4. Mentimun dapat meremajakan kulit

Kulit wajah merupakan bagian wajah yang sering terpapar berbagai polusi yang mengakibatkan munculnya banyak masalah kulit. Oleh karena itu kulit wajah sangat memerlukan perawatan untuk meremajakan dan membantu proses regenarasi sel agar tetap terjaga kesehatannya. Cobalah menggunakan mentimun sebagai masker wajah yang juga berkhasiat menjadikan kulit halus dan tersa lebih lembut.

5. Mentimun untuk perawatan sunburn / terbakar matahari

Semua orang pernah beraktifitas diluar ruangan dan pasti sudah tentu merasakan bagaiman rasanya terpapar panasnya sinar matahari secara langsung. Nah bagi anda yang keseharianya banyak melakukan aktifitas di bawah sinar matahari dalam waktu yang lama tentunya mudah terkena sunburn pada wajah. Untuk membantu mengatasi sunburn, anda bisa menggunakan mentimun sebagai masker wajah karena mentimun memiliki efek pendingin sehingga dapat mengurangi rasa terbakar pada wajah akibat sunburn. Masker timun merupakan bahan alami yang lembut untuk menenangkan kulit dan mempercepat proses penyembuhan.

6. Mentimun untuk pori-pori terbuka
Banyak orang yang mengeluhkan memiliki pori-pori kulit besar dan terbuka sehingga banyak kotoran yang tersumbat di dalamnya. Nah, untuk mengecilkan pori-pori yang terbuka segera gunakan timur sebagai toner.

Perhatian : Bagi anda yang memiliki kulit sensitif sebaiknya konsultasikan dengan dokter kulit sebelum melakukan perawatan untuk mencegah terjadinya iritasi.