Asal Mula Balon

balon jakarta

Balon yaitu benda yang terbuat dari bahan karet. Mempunyai polimer yang tertentu, dan biasanya di isi dengan menggunakan gas supaya bentuknya indah dan menarik. Bahan yang di gunakan balon mengandung unsur-unsur kimia yang kita tidak tahu. Kita hanya menggunakan saja setelah itu langsung kita buang, tanpa mengetahui apa kelebihan dan kekurangan benda itu. Ngomong-ngomong balon pertama kali di buat oleh bangsa Aztec, balon di buat dari usus besar kucing di gunakan sebagai persembahan dewa mereka.

Beberapa orang menerangkan bahwa balon jaman dulu terbuat dari bagian dalam hewan yaitu seperti kandung kemih dan usus. Jaman dahulu balon di gunakan sebagai alat transportasi. Balon yang pertama kali terkenal adalah balon udara sejak tahun 1900 lalu terbakar di tahun 1937. Balon udara menggunakan gas nitrogen, hydrogen, helium atau asitilen. Syarat balon untuk bisa terbang yaitu gas harus lebih ringan dari udara. Maka itu untuk memudahkan balon terbang lebih tinggi.

Gas Helium merupakan gas yang paling ringan, aman di gunakan, dan balon jakarta dapat terbang setinggi mungkin di banding dengan gas jenis yang lain, tetapi untuk harganya lebih mahal. Biasanya tukang balon menggunakan bahan campuran karbit dan air, dari situ dapat menghasilkan gas asitilen yan gbiasanya di gunakan untuk mengelas. Gas asitilen lebih  berbahaya dan mudah terbakar, namun harganya lebih murah.

Gas Nitrogen adalah gas yang paling ringan di admosfer bumi, maka itu gas nitrogen lebih banyak di gunakan oleh penjual balon. Gas nitrogen adalah gas yang paling ringan karena jumlah proton, netron dam electron sangat sedikit di banding dengan jumlah proton, netron dan electron yang tersusun pada atom-atom lainnya, namun juga mudah terbakar.

Jenis-jenis balon yang sering kita ketahui dalam kehidupan sehari-hari adalah balon udara, balon sabun, balon gas. Balon gas umumnya di pakai oleh orang tua untuk menghibur anak-anak mereka. Balon sabun adalah balon yang terbuat dari busa sabun yang di tiup namun berbahaya jika terkena mata. Kalau Balon udara di gunakan untuk alat transportasi atau untuk wisatawan ingin  menikmati keindahan alam dari atas.